Skip to main content

Keuntungan Investasi Saham Syariah

Keuntungan Investasi Saham Syariah

Keuntungan Investasi Saham SyariahArtikel ini termasuk Kategory Keuntungan Investasi Saham Dengan Keuntungan Investasi Saham Syariah

Blog ini membahas mengenai mekanisme investasi saham syariah selanjutnya contoh saham syariah serta keuntungan investasi saham syariah dan juga cara investasi saham syariah berbagi pengalaman investasi saham syariah bagi pemula, apakah pengertian saham syariah dan sebagian juga mengenai keuntungan nabung saham syariah umumnya terakhi tentang
kelebihan dan kekurangan pasar modal syariah.

Pasar modal syariah adalah bagian dari industri pasar modal Indonesia. Secara umum, aktifitas pasar modal syariah sejalan dengan pasar modal pada umumnya.

Berawal dari bank-bank yang memiliki konsep syariah, tabungan syariah, hingga saham bertipe serupa juga tengah populer di masyarakat.

Hal ini juga beriringan dengan masyarakat yang memiliki asumsi bahwa bermain saham sama saja dengan berjudi.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada investasi yang Anda lakukan tanpa khawatir dengan riba, investasi tersebut adalah investasi saham syariah.

Walau begitu, terdapat sejumlah karakteristik eksklusif pasar modal syariah yakni produk dan mekanisme transaksi tidak boleh saling berlawanan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Selain itu, kebutuhan akan investasi khususnya investasi saham syariah diadakan untuk mengantisipasi inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Dengan berinvestasi pada saham syariah, keuangan seseorang pun akan semakin baik ke depannya.

Secara umum keuntungan investasi saham syariah terbagi menjadi dua jenis yaitu keuntungan kualitatif dan kuantitatif.

Kualitatif

Secara kualitatif, keuntungan investasi saham syariah mungkin dapat dikatakan berkaitan dengan prinsip yang ada. Sebagian masyarakat menyebutnya sebagai norma yang berkaitan dengan keyakinan dan agama.

Terutama bagi seorang musim, keuntungan investasi saham syariah adalah sesuatu yang sesuai dengan syariat. Oleh karena itu investasi saham syariah merupakan investasi yang bebas riba. Riba merupakan salah satu hal yang wajib dihindari di dalam agama Islam.

Adapun investasi saham syariah merupakan investasi yang lebih pasti karena mengikuti syariat, sehingga terhindar dari ketidakpastian dan investasi ini pun dianggap sebagai investasi yang aman.

Selain itu, investasi saham syairat juga diperkuat oleh Payung Hukum; yang terdiri dari 9 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) terkait pasar modal syariah, Undang Undang Sukuk Negara (SBSN), dan Undang Undang 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Kuantitatif

Keuntungan investasi pasar modal syariah memiliki nominal yang tidak kalah besar dibandingkan dengan produk konvensional. Saat mengukur keuntungan saham syariah, Anda dapat melihat dari dua indeks acuan yaitu Jakarta Islamic Index (JII) dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Tinggalkan Balasan